Hadapi Mudik Lebaran, Pemkab Bekasi Mulai Perbaiki Jalan

OPINI BEKASI, CIKARANG BARAT – Hadapi mudik lebaran tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai memperbaiki jalur mudik salah satunya jalan inspeksi Kalimalang yang berlokasi di Desa Sukadanau Cikarang Barat.

Perbaikan tersebut menurut Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan selain persiapan mudik juga menjawab keluhan masyarakat. Sedikitnya Rp 9 miliar digelontorkan untuk rekonstruksi salah satu ruas jalan yang paling banyak dipadati pengendara ini.

Read More

“Saya sangat memahami keluhan masyarakat, sangat banyak, kok jalan belum ada perbaikan? Memang sejak anggaran perubahan tahun lalu kan konstruksi yang kami lakukan hanya perbaikan ringan saja. Karena kalau perbaikan berat seperti ini harus lewat tender. Namun kini sudah mulai diperbaiki sehingga masyarakat bisa melintasinya dengan nyaman,” katanya, Kamis (30/3/2023).

Ditargetkan perbaikan jalur selesai sebelum Idul Fitri, Pemerintah daerah akan menerapkan percepatan sehingga proyek digelar lebih cepat karena dikerjakan dengan metode baru dalam pengadaannya.

“Perbaikan Jalan Kalimalang awalnya baru bisa dilaksanakan pada April-Mei mendatang.Ini sekarang bisa dikerjakan karena ada metode baru dalam pengadaannya, yaitu melalui e-katalog,” kata Dani.

Penerapan e-katalog, kata Dani, mampu memangkas waktu persiapan pengerjaan. Semula harus menunggu proses tender hingga 40 hari, kini hanya memerlukan waktu kurang dari satu minggu. “Jadi ini bersejarah, kontraktor pertama yang kami pilih melalui proses pemilihan e-katalog. Jadi yang tadinya harus 40 hari lebih, ini hanya 1 minggu beres, langsung kontrak, langsung kerjakan. Maka pengerjaannya pun lebih cepat, targetnya sebelum lebaran ini sudah harus selesai,” ucap dia.

Dani memastikan, perbaikan ini tidak hanya cepat namun kualitasnya pun terjaga. Pasalnya di dalam kontrak kerja, kontraktor wajib memberikan masa pemeliharaan hingga dua tahun.

“Nah sekarang konstruksinya pakai beton. Mudah-mudahan lebih awet. Kemudian masa pemeliharaannya lebih lama, dua tahun. Jadi perusahaan akan betul-betul menjaga kualitasnya karena mereka akan rugi kalau belum satu tahun sudah rusak. Jadi kualitas harus bagus paling tidak agar dua tahun ini terjaga dan tidak ada banting-bantingan harga yang saya lihat,” ucap dia.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan (Kiri) dan Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Henri Lincoln (Tengah) Saat Meninjau Perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan (Kiri) dan Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Henri Lincoln (Tengah) Saat Meninjau Perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan, total panjang jalan yang diperbaiki pada ruas Kalimalang ini mencapai 1,8 kilometer. Namun perbaikan tidak dilakukan pada satu titik, namun terbagi menjadi empat lokasi yang kondisi paling parah.

“Anggarannya sekitar Rp 9 miliar dan untuk empat titik di sisi utara Kalimalang ini. Jadi di ruas Cibitung-Tegal Gede dan Tegal Gede-Tegal Danas. Jadi yang titiknya paling rusak ini mulai kami perbaiki saat ini. Targetnya maksimal tiga hari sebelum lebaran,” ucap dia.

Selain Jalan Inspeksi Kalimalang, perbaikan lain yang sudah dilakukan yakni di akses masuk Gerbang Tol Gabus pada ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Di lokasi ini, perbaikan menitikberatkan pada jalan yang amblas. “Jadi ada beberapa titik yang sudah digelar perbaikannya. Ini terus kami lakukan untuk perbaikan kedepannya,” ucap dia.(Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *